Uncategorized

Perlukah Mencuci Wajah Saat Baru Bangun Tidur?

Mencuci wajah adalah keliru satu langkah perlu di dalam normalitas perawatan kulit. Namun, tersedia banyak pembicaraan perihal apakah perlu mencuci wajah sementara baru bangun tidur.

Beberapa orang percaya bahwa mencuci wajah di pagi hari bisa menghilangkan minyak alami dan membuat kulit kering. Di segi lain, lebih dari satu orang lainnya berpendapat bahwa mencuci wajah di pagi hari perlu untuk bersihkan kotoran, minyak, dan keringat yang menumpuk di wajah sepanjang tidur.

Namun, dilansir dari Health, seorang pakar kecantikan medis, Maja mengatakan, “Jika Anda bersihkan kulit pagi dan malam, Anda bisa saja amat banyak mengangkat susunan kulit Anda, yang membuat disfungsi barier, jerawat, kemerahan, dan kasus kulit lainnya,” di dalam sebuah TikTok yang diposting tahun lalu.

Para kreator di sarana sosial merekomendasikan supaya orang cuma bersihkan wajah mereka pada malam hari.

Di segi lain, para pakar kulit sbobet88 bola layaknya Stephanie Saxton-Daniels, MD, mengatakan bahwa mencuci wajah di pagi hari perlu untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati yang menumpuk sepanjang tidur.

Lalu, manakah yang benar?

Jawabannya adalah tergantung bersama dengan jenis kulit Anda. Tipe kulit biasa dibagi jadi 2, kulit berminyak dan kulit kering.

Kulit berminyak sama juga bersama dengan memproses sebum wajah yang lebih banyak dari orang biasanya karena memiliki pori-pori wajah yang lebih besar. Hal ini membuat kecenderungan mudah terkena jerawat.

Sedangkan kulit kering memiliki memproses sebum yang lebih sedikit. Sehingga kulit terasa lebih kencang dan bersisik.

Mencuci Wajah di Pagi Hari Berdasarkan Tipe Kulit
Bagi lebih dari satu orang, khususnya mereka yang memiliki kulit berjerawat atau berminyak, mencuci wajah dua kali sehari bisa saja bermanfaat.

Menurut Stull, mencuci wajah di pagi hari “dapat menopang menghilangkan sebum berlebih dan sel-sel kulit mati, yang bisa menyumbat pori-pori.” Mencuci wajah di pagi hari termasuk berfaedah untuk “menghilangkan residu dari produk perawatan kulit, termasuk petroleum, lilin, mentega, dan minyak berat,” tambahnya.

Mencuci wajah di pagi hari termasuk bisa menopang mencegah jerawat dan membuat kulit keluar lebih cerah. “Metabolisme kami masih menghasilkan sebum [minyak] dan terkelupas sel-sel kulit [di sementara tidur],” kata Stull. “Bahkan kalau Anda mencuci wajah di malam hari, bisa saja Anda tidak mengganti sarung bantal tiap-tiap malam, supaya kotoran dari sprei dan rambut dapat menumpuk.”

Oleh karena itu, mencuci wajah dua kali sehari bisa menopang bersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati yang bisa membuat kasus kulit.

Meskipun bersihkan wajah di pagi hari bisa tingkatkan kesegaran kulit lebih dari satu orang, hal ini tidak dibutuhkan untuk seluruh orang. Orang bersama dengan kulit peka atau keadaan kulit inflamasi layaknya eksim, rosacea, dan psoriasis bisa saja terasa bahwa bersihkan dua kali sehari amat mengeringkan, kata Dr. Stull.

“Penting untuk tidak berlebihan,” jelasnya. “Menghilangkan kulit dari lipid alami yang dihasilkan sepanjang semalam bisa mengganggu faedah barier kulit, membuat kulit lebih rentan pada iritasi.”

Mencuci wajah amat kerap dapat, di dalam lebih dari satu kasus, membuat gangguan pada mikrobioma kulit dan memperburuk keadaan kulit layaknya dermatitis perioral atau kulit sensitif, malah Dr. Saxton-Daniels.

“Bahkan, bagi lebih dari satu besar orang,” katanya, “cukup bersihkan wajah sebelum tidur harusnya telah cukup.”

Anda mungkin juga suka...