Uncategorized

Pengertian Seni Tari Beserta Tipe, Faktor-unsur, dan Semisal

Seni tari di Indonesia ada berjenis-jenis jenisnya, yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Untuk itulah kenapa Nusantara kaya akan adat kebudayaan kesenian. Setiap tempat di Indonesia memiliki berjenis-jenis tarian khasnya yang membedakan tarian satu dengan yang lainnya.

Seni tari yakni suatu gerakan yang berirama, dilaksanakan di suatu tempat dan waktu tertentu untuk mengekpresikan suatu perasaan dan memperkenalkan pesan dari seseorang maupun kategori. Seni menjadi format ekspresi diri dari manusia, yang sering dijadikan sarana hiburan dan pertunjukan.

Secara lazim seni tari yakni slot qris gacor cabang seni yang mengucapkan keindahan, ekspresi, sampai makna tertentu lewat media gerak tubuh yang disusun dan diperagakan sedemikian rupa untuk memberikan penampilan dan pengalaman yang menyenangkan atau menumbuhkan horison baru bagi penontonnya. Seni tari dapat dilaksanakan secara tunggal, berpasangan, berkelompok atau kolosal.

Untuk lebih rincinya mengenai pengertian seni tari, tipe, unsur, sampai misalnya. Berikut sudah dirangkum oleh Liputan6.com dari berjenis-jenis sumber, Senin (17/05/2021).

Pengertian Seni Tari Menurut Para Pakar
Secara lazim, pengertian seni tari yakni suatu kesenian dengan media ungkap berupa gerakan yang dilaksanakan untuk mengekspresikan perasaan atau untuk memperkenalkan pesan dari seseorang atau malah kategori. Kecuali pengertian secara lazim, terdapat beberapa pengertian menurut pendefinisian oleh para spesialis sebagai berikut:

  1. Soedarsono
    Menurut Soedarsono, pengertian seni tari yakni sebuah ungkapan yang berasal dari dalam jiwa manusia yang kemudian diekspresikan lewat gerakan cantik juga ritmis. Sehingga, dapat dialamatkan bahwa ungkapan ini untuk menonjolkan atau melimpahkan emosional seseorang yang setiap gerakannya disesuaikan bersamaan nada serta melodi yang mengiringi.
  2. M.A Theodora Retno Maruh
    Menurut Theodora yang mengistilahkan seni tari sebagai sebuah karya seni gerak yang sifatnya tak akan pernah menjadi kontemporer.
  3. Kamala Devi Chattopadhyaya
    Menurut Kamala Devi, pengertian seni tari yakni sebagai sebuah insting yang memberikan desakkan kepada emosional di dalam diri manusia di mana sifatnya menunjang manusia untuk berekspresi.
  4. Corrie Hartong
    Menurut Corrie Hartong, pengertian seni tari yakni perasaan yang mendesak dari dalam diri manusia, yang menunjang untuk mencari ungkapan yang berbentuk gerakan yang ritmis.
  5. Yulianti Parani
    Menurut Yulianti Parani, pengertian seni tari yakni gerakan ritmis yang keluar dari beberapa tubuh atau seluruhnya yang dilaksanakan seseorang maupun kategori yang disertai dengan ekspresi tertentu.
  6. Pengeran Suryadiningrat
    Menurut pangeran Suryadiningrat, pengertian seni tari yakni gerakan yang dihadirkan oleh seluruh anggota tubuh seseorang yang dilaksanakan selaras dengan melodi musik dengan maksud tertentu.

Anda mungkin juga suka...