Seni Musik

Duet dengan IU, Inilah Makna dari Lagu People Pt.2 – AGUST D (SUGA BTS)

Pada tanggal 7 April 2023 pagcor slot online kemarin, Agust D atau SUGA BTS merilis lagu pre-release untuk album ketiganya sebagai Agust D yang berjudul ‘D-DAY’. Lagu yang dinyanyikan bersama dengan IU ini berhasil menarik hati para penggemar karena liriknya yang puitis dan melodinya yang menggerakkan hati.

Tapi ternyata jika kita telan mentah-mentah begitu saja arti dari liriknya, mungkin sebagian dari kita akan bingung dengan makna apa yang ingin Suga sampaikan pada lagunya tersebut.

Untuk itu, seorang penggemar di Twitter dengan username @seesawenthooz menyampaikan makna dari lagu ini dengan terperinci dan bisa membuat kita lebih paham dengan apa maksud Suga di dalam lagunya.

Berikut kami akan membantu menjelaskannya dalam bahasa Indonesia!

Makna Lagu People Pt.2

Kita sering berpikir tujuan bahasa untuk menyampaikan maksud kita kepada orang lain secara akurat. Untuk penggunaan bahasa itu, ketepatan sintaksis & linguistik adalah kuncinya. Tapi berbeda dengan puisi dan lirik lagu, kedua hal ini tidak bisa diartikan begitu saja.

Tujuan dari menulis puisi atau lirik lagu mungkin bisa menyampaikan ide, gagasan, dan perasaan secara jelas. Tapi terkadang tujuannya bukan untuk menyampaikan pesan ke para pendengar, tapi untuk mengundang mereka ke tindakan kreatif bersama dengan sang penulis. Dalam kasus ini, ambiguitas merupakan tujuannya.

Penulis dapat membuat puisi mereka dengan tujuan membuatnya terasa mustahil untuk dipahami dengan jelas. Inti dari ekspresi linguistik mereka adalah untuk mengundang interpretasi, di mana ini bisa untuk mendorong pembaca menjadi lebih sadar akan fakta tersebut.

Mereka menafsirkan, dan tentang fakta bahwa tidak ada makna yang “betul” atau “benar” atau “sangat benar”, hanya bidang kemungkinan yang terus berkembang. Terkadang juga untuk membuat pembaca frustasi, menyadarkan mereka akan keterbatasan bahasa itu sendiri, bahwa itu tidak pernah bisa lepas dari ambiguitas.

Jadi kembali ke People Pt.2, apa yang terjadi ketika kita membaca lirik bahasa Inggris dan tidak memiliki tujuan untuk memahami keambiguitasan itu sendiri, tapi lebih memilih untuk memecahnya.

“So time is yet now” bisa memiliki beberapa arti, seperti:

– Waktu masih (belum) sekarang, meski waktu sudah berlalu, itu selalu terjadi bahkan sekarang

– Waktu tetaplah waktu, bahkan saat ini. Tidak ada yang berubah tentang waktu, bahkan jika kita sudah merubah atau merasakan perubahan mengenai persepsi tentang itu (waktu).

Atau bisa juga dipecah menjadi seperti ini: “Time is // yet now”

– Waktu adalah hal yang ada dan tidak dapat dihindari, belum saat ini (sesuatu sedang berubah, tengah terjadi, atau sedang berkembang.

Lalu ditambahkan dengan “So time is yet now, right here to go”:

  • Waktu masih di sini, waktu masihlah waktu, waktunya selalu sekarang (Ini juga berarti, selalu ada kemungkinan itu ada di sini dan siap untuk pergi)
  • Waktu menjadi kata yang konstan dan selalu saat ini, selalu berjalan
  • Jika sedang menunggu suatu saat, sebuah kesempatan, waktu selalu ada di sini, itu selalu ada di sini, selalu siap untuk sebuah aksi.

Hal lain yang menimbulkan ambiguitas adalah “I know, you know, anything does know”, di mana maknanya adalah kamu dan aku tahu (bisa tentang waktu, cinta, orang, dan lainnya), juga hal lain tahu. Ini tidak difokuskan pada orang saja, tapi juga waktu dan saat ini.

“Nobody doesn’t know anymore” juga kata lain yang menimbulkan ambiguitas Mungkin biasa kita mendengar “Everyone knows now” (semua orang tahu sekarang), tapi Suga lebih memilih “Nobody doesn’t know anymore” untuk digunakan di dalam lagu ini. Keduanya memiliki makna yang sama, namun yang membedakan adalah cara penyampaiannya.

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai lagu People Pt.2 dari Agust D atau Suga BTS. Sudah mendengarkan lagu People Pt.2 hari ini ARMY?

Anda mungkin juga suka...