Uncategorized

Jaga Stabilitas Harga Pangan, Pemprov DKI Gelar Sembako Murah waktu Ramadhan

Pada kesibukan sembako tidak mahal warga bisa memperoleh paket sembako seharga Rp 100.000 meliputi beras 5 kilogram (kg), gula pasir 1 kg, minyak goreng 2 liter, dan tepung terigu 1 kg.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meyakinkan selalu mengadakan kesibukan sembako tidak mahal bagi warga ibu kota waktu Ramadhan 2024.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, kesibukan sembako tidak mahal selalu dilangsungkan sepanjang ramadhan peranan meringankan keperluan warga. Heru menyebut, warga bisa belanja bahan pangan bersama harga yang lebih tidak mahal berasal dari pasaran.

Di bulan suci ini, sembako spaceman pragmatic tidak mahal selalu terjadi seperti biasa. Ini merupakan upaya untuk merawat kestabilan harga pangan, sehingga penduduk bisa beribadah bersama tenang,” kata Heru dalam info resmi, dikutip Jumat (14/3/2024).

Heru menyatakan, untuk menggelar sembako tidak mahal Pemprov DKI Jakarta terus mengajak beraneka pihak menjalin kemitraan. Diantaranya bersama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Pasar Jaya dan Perumda Dharma Jaya, dan juga mitra pendukung Paguyuban Nelayan dan Pelindo.

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan beraneka pihak, sehingga kesibukan ini bisa konsisten dan terjadi lancar,” ujar Heru.

Pada kesibukan sembako tidak mahal warga bisa memperoleh paket sembako seharga Rp 100.000 meliputi beras 5 kilogram (kg), gula pasir 1 kg, minyak goreng 2 liter, dan tepung terigu 1 kg.

Adapun Pemprov DKI Jakarta dalam kesibukan sembako tidak mahal menyediakan sebanyak 1.000 paket sembako yang bisa diperoleh warga Jakarta.

Bahan pangan yang dijual pada lain mie instan, aneka bahan pangan protein hewani, seperti daging ayam, daging sapi, telur ayam, cumi, dan lain sebagainya bersama harga di bawah pasaran.

Harga Pangan Ramadan 2024: Beras Premium-Minyak Goreng Kompak Naik

Masuk periode awal Ramadan ini sejumlah harga pangan tetap mengalami kenaikan. Meski begitu, kenaikkannya terbilang tak amat penting dibandingkan sebelumnya.

Mengutip Panel Harga Badan Pangan Nasional (Bapanas) ada model harga Beras Premium yang tetap mengalami kenaikan. Per 13 Maret 2024 ini, harga kebanyakan nasional beras premium sebesar Rp 16.500 per kilogram (kg). Angka ini naik 0,12 persen berasal dari harga berlaku sebelumnya.

Dilihat berasal dari sebarannya, harga tertinggi ada di Papua Pegunungan bersama Rp 26.000 per kg. Sementara itu, harga terendah ada di Sumatera Selatan bersama Rp 14.410 per kg. Harga di DKI Jakarta sendiri tercatat sebesar Rp 15.690 per kg.

Bahan pangan lain yang mengalami kenaikan adalah Minyak Goreng Curah. Saat ini harga kebanyakan nasional Minyak Goreng Curah sebesar Rp 15.720 per liter. Angka ini naik 0,45 persen berasal dari harga berlaku sebelumnya.

Harga paling tinggi ada di Papua bersama Rp 19.430 per liter. Sementara harga terendah ada di Kepulauan Riau bersama Rp 14.000 per liter. Di wilayah DKI Jakarta sendiri berlaku harga Rp 15.490 per liter.

Jenis cabai sampai bawang putih juga diketahui mengalami kenaikan. Sebut saja, Cabai Rawit Merah yang dijual seharga Rp 64.530 per kg. Angka ini naik 4,26 persen berasal dari sebelumnya.

Sama halnya bersama Cabai Merah Keriting yang naik sebesar 2,41 persen. Harga kebanyakan Cabai Merah Keriting sebesar Rp 66.730 per kg.

Lalu, Bawang Putih yang juga naik sebesar 0,95 persen. Harga kebanyakan Bawang Putih sebesar Rp 40.560 per kg. Berbeda bersama Bawa Merah yang dijual Rp 33.910 per kg, atau turun 1,17 persen berasal dari harga sebelumnya.

Anda mungkin juga suka...