Uncategorized

Fakta Kisruh SM Entertainment hingga Lee Soo-man Jual Saham ke HYBE

Dalam sebagian hari terakhir, dunia industri hiburan Korea Selatan dikagetkan dengan sejumlah pengumuman yang dibuat SM Entertainment serta pendirinya Lee Soo-man.
Terbaru, Lee So-man sah memasarkan 14,8 persen sahamnya kepada HYBE, induk agensi Big Hit. Dengan perjanjian tersebut, HYBE sah jadi pemilik saham terbesar SM Entertainment.

Ia menyalip Kakao yang sebagian hari sebelumnya dikonfirmasi menjalin kemitraan bersama agensi itu dengan mempunyai 9,05 persen saham SM Entertainment.

Konfirmasi kemitraan dengan Kakao diumumkan co-CEO Lee Sung-soo atau Chris Lee dan Tidak Young-jun sebagian bulan setelah kontrak SM Entertainment dengan Like Planning, perusahaan produksi milik Lee Soo-man usai pada akhir 2022.

1. Posisi Lee Soo-man
Lee Soo-man yakni pendiri SM Entertainment. Mulanya, ia juga masuk board of directors. Tetapi, ia keluar pada 2010. Sejak saat itu, Soo-man aktif sebagai chief producers melewati perusahaan Like Planning.

Sampai September 2022, SM Entertainment merilis pernyataan kans penghentian kontrak dengan Like Planning, perusahaan spaceman Lee Soo-man yang selama ini terlibat dalam progres produksi.

Pada 14 Oktober 2022, SM Entertainment mengumumkan bakal menghentikan kontrak produksi dengan Like Planning, perusahaan Lee Soo-man, per 31 Desember.

Keadaan malah berlanjut pada Februari 2023, Co-CEO SM Lee Sung-soo dan Tidak Young-jun pada Jumat (3/2) mengumumkan perusahaan sudah mengakhiri kontrak dengan produser Lee Soo-man dan membentuk cetak biru bab baru SM di bawah \\\”SM 3.0.\\\”

Keputusan itu malah membikin Lee Soo-man hanya menjadi pemegang saham terbesar SM Entertainment sebelum dipasarkan ke HYBE.

2. SM Entertainment kerja sama dengan Kakao
Beberapa bulan setelah mengumumkan hal itu, SM Entertainment mengonfirmasikan menjalin kemitraan dengan Kakao yang sekarang mempunyai 9,05 persen saham SM. Angka itu lebih dari 217 miliar won atau sekitar Rp2,6 triliun (1 won=Rp11,99).

Seperti dilansir Korea Herald pada Rabu (8/2), kemitraan tersebut yakni kesepakatan trilateral antara SM Entertainment bersama Kakao dan anak perusahaannya, Kakao Entertainment, untuk memperluas jangkauan konten di luar negeri.

\\\”Via investasi dan kerja sama ini, kami mau dua perusahaan dapat saling menolong dalam menghadapi kompetisi sengit musik global dan konten serta menargetkan konten Korea yang masuk arus global,\\\” kata CEO Kakao Community Investment Bae Jae-hyun.

Co-CEO SM Chris Lee dan Tidak Young-jun juga mengumumkan agenda SM 3.0 melewati mendirikan lima sentra produksi yang berbeda dan label musik independen untuk mendiversifikasi produksi.

Sehingga, sistem tersebut benar-benar berbeda dari sistem yang dibangun Lee Soo-man selaku penanggung jawab semua progres produksi musik.

3. Lee Soo-man ancam gugat SM Entertainment
Tidak lama SM umumkan kemitraan dengan Kakao, Lee Soo-man buka suara melewati firma peraturan Hwawoo. Ia mengatakan tidak ragu menggugat SM Entertainment atas tuduhan menerapkan sistem ilegal sehingga saham dapat dibeli Kakao.
\\\”SM Entertainment saat ini sedang mengalami kompetisi bisnis antara pemegang saham terbesar Lee Soo-man dan mitra aliasi yang berlindung dengan dana ekuitas swasta pemegang saham,\\\” pernyataan Lee Soo-man melewati firma peraturan Hwawoo.

\\\”Sehingga, itu yakni langkah ilegal kepada peraturan komersial dan anggaran dasar dewa direksi SM untuk menerbitkan saham baru serta obligasi konversi kepada pihak ketiga.\\\”

Ia juga memastikan SM Entertainment sepatutnya bertanggung jawab sebab melanggar peraturan bisnis. Tidak hanya itu, sumber mengatakan Lee Soo-man terbang ke Korea dari AS semenjak Selasa(7/2) sebab pertikaian dengan SM Entertainment.

4. Pembela Lee Soo-man

Sesudah pertikaian Lee Soo-man dengan co-CEO SM Entertainment, dua musisi senior agensi buka suara. Dimulai dari Kim Min-jong mengukur SM Entertainment masih memerlukan buah pikir Lee Soo-man dan perlu menghormati dedikasi sang pendiri.

\\\”SM Entertainment memerlukan nalar sehat produser Lee Soo-man, dan kita sepatutnya menghormati Lee Soo-man yang sudah mengabdikan semua hidupnya untuk mendirikan dan memaksimalkan SM Entertainment,\\\” tulis Kim Min-jong di e-mail yang dikirimkan kepada karyawan.

Kecuali Kim Min-jong, musisi sekalian produser musik SM Entertainment Yoo Young-jin juga dengan tegas memastikan langkahnya bersama Lee Soo-man.

 

Anda mungkin juga suka...