Uncategorized

Daftar Tarian Tradisional Paling Populer di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki beragam tarian tradisional. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik Indonesia dimata dunia. Bahkan keindahan tarian asal Indonesia sampai berhasil diakui dunia, salah satunya adalah tari saman.

Masih banyak tarian lain yang populer di Indonesia dan berikut ini kami akan membantu kamu untuk melihat tari tradisional apa saja yang populer di Indonesia.

Tari Tradisional Populer di Indonesia

1. Tari Kecak

Pertama yang akan kami bahas adalah judi bola parlayc tari kecak, tarian asal Bali yang akan membuat kagum setiap mata memandang. Bali selain memiliki keindahan alam yang tiada dua, ragam budayanya pun menjadi poin menarik para wisatawan.

Bahkan tak jarang para wisatawan rela membayar uang yang tidak sedikit untuk menyaksikan pertunjukkan tari kecak. Tari ini sendiri merupakan gambaran dari ceritatokoh Pewayangan, yaitu Ramayana. Selain itu tari ini juga merupakan tari yang kerap kali digunakan dalam upcara keagamaan.

2. Tari Saman

Tari saman merupakan tari yang sudah diakui oleh UNESCO sebagai i ‘Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity’ pada tahun 2011. Hal ini membuktikan kalau tari saman merupakan tari yang sudah dikenal dunia. Tari yang berasal dari suku Gayo ini biasa ditarikan dalam memperingati hari-hari penting, seperti upacara adat atau memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tari saman dibawakan oleh sekelompok penari dengan jumlah ganjil. Yang menjadi keunikan dari tarian ini adalah suara yang berasal dari gerakan tangan dan teriakan penarinya.

3. Tari Pendet

Bali memang memiliki banyak keunikan yang membuatnya menarik untuk dikunjungi. Selain memiliki tari kecak, Bali juga memiliki tari pendet yang tidak kalah memukau. Tari ini merupakan salah satu tarian tradisional yang terkenal di Bali dan biasa ditampilkan pada acara kebudayaan atau penyambutan tamu besar. Bahkan pada acara G20 yang diadakan di Bali pada tanggal 13 November 2022 lalu, tari pendet digunakan untuk menyambut delegasi KTT G20.

Awalnya tari ini merupakan tari tradisional yang digunakan dalam upacaya keagamaan. Tari ini melambangkan ungkapan rasa syukur dalam menyambut para dewata-dewata yang turun dari khayangan.

4. Tari Jaipong

Berikutnya ada tari Jaipong yang berasal dari Jawa Barat. Ini merupakan tarian gabungan dari beberapa tari tradisional Jawa Barat, seperti silat, ketuk tulu, wayang golek, dan masih banyak lainnya. Disebutkan bahwa tari jaipong ini berasal dari seniman bernama Suanda di tahun 1976 di Karawang, Jawa Barat. Sering kali tari Jaipong digunakan untuk menyamut tamu mancanegara yang berkunjung ke jawa Barat.

5. Tari Piring

Tari piring adalah tarian yang dalam tariannya menggunakan alat berupa piring. Awalnya tarian ini dilakukan oleh para kaum laki-laki dan perempuan untuk membawa sesembahan bagi para dewa. Yang membuat tarian ini unik adalah gerakan dari para penarinya yang cepat dan piring di tangan mereka yang tidak terjatuh.

6. Tari Reog Ponorogo

Reog Ponorogo merupakan tarian yang mengisahkan tentang Raja Ponorogo yang ingin melamar putri Kediri, Dewi Ragil Kunig. Ia dicegat oleh raja Singaborang dari kerajaan Kediri saat hendak melamar. Pasukan dari raja Singaborang ini terdiri dari merak dan singa, sedangkan yang berada di pihak Ponorogo ada raja Kelono dan wakilnya, Anom.

7. Tari Barong

Terakhir yang akan kami bahas adalah tari Barong, tarian yang menggambarkan mengenai pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. Wujud dari kebaikan dilakonkan oleh Barong, yaitu penari yang menggunakan kostum binatang berkaki empat. Sedangkan untuk sosok kejahatannya menggunakan penari kostum dua taring runcing yang ada di mulutnya.

Nah, itulah beberapa tarian asal Indonesia yang populer dan bahkan dilirik dunia.

Anda mungkin juga suka...