Uncategorized

Cuaca, Kesejahteraan Sopir Bis, hingga Keamanan Perlintasan jadi Tantangan Mudik Lebaran 2024

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno mengevaluasi, kapasitas infrastruktur transportasi tak direncanakan untuk situasi mudik Lebaran. Seperti diketahui, mudik yakni trandisi di Indonesia dakn jutaan orang akan menjalankan perjalanan pulang kampung untuk merayakan Idul Fitri.

Djoko menyoroti perubahan cuaca dalam beberapa pekan terakhir yang kerap kali berubah akibat perubahan iklim, sehingga susah untuk dihasilkan sangkaan seperti 30 tahun yang lalu.

Kasihlah informasi pada publik, seandainya musimLebaran, perjalanan tak selancar hari biasa, akan namun Pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin memberikan layanan terbaik buat masyarakat dengan berbagai kebijakan atau program yang akan digunakan,” ujar Djoko dalam catatan tertulis, dikutip Jumat (22/4/2024).

Maka dari itu, fungsi BMKG benar-benar https://www.artofhairpburg.com/ penting. Tetapi, Djoko mencatat, AWS (Automatic Weather Station) di laut masih minim jumlahnya, sehingga extrapolation yang dilakukan akan benar-benar susah.

Djoko mengutip pernyataan Ketua KNKT Soerjanto yang menceritakan, kesusahan yang lain berada pada masyarakat yang kurang peduli dengan ramalan cuaca.

Kendaraan Pribadi Jadi Favorit
Survei Potensi Pergerakan Angkutan Lebaran Tahun 2024 oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memperlihatkan, masyarakat memilih moda KA antar kota 39,32 juta orang (20.30 persen), bis 37,61 juta orang (19,37 persen), mobil pribadi 35,42 juta orang (18,29 persen) dan sepeda motor 31,12 juta orang (16,07 persen) untuk mudik lebaran 2024.

Berkebalikan dengan tahun-tahun sebelumnya, opsi kendaraan pribadi menjadi unggulan.

Pada Lebaran 2023, moda transportasi yang diminati tertinggi yakni mobil pribadi 27,32 juta (22,1 persen). Berikutnya sepeda motor 23,13 juta orang (20,3 persen) dan bis 22,77 juta orang (18,4 persen) dan KA antar kota 14,47 juta orang (11,69 persen).

“Memilih mobil pribadi dan sepeda motor meningkat, namun peningkatan itu masih lebih tinggi memilih moda KA antar kota dan bis. Untuk pertama kali musim lebaran 2024 beroperasi kereta pesat Whoosh dan diminati 1,42 juta orang (0,73 persen),” papar Djoko.

Tantangan Bagi Pemerintah pada Mudik Lebaran 2024

Djoko menyatakan tantangan bagi pemerintah untuk menyediakan transportasi biasa antar kota.

Kecuali itu, transportasi biasa di tempat juga patut lantas ditata.

“Kebijakan rekayasa lalu lintas sejajar (one way) di jalan tol patut dipikir masak-masak, agar bis yang akan kembali ke Jakarta tak terhambat dan penumpang tak menunggu lama di terminal penumpang,” katanya.

Tahun lalu, penumpang menunggu hingga 6 jam di Terminal Pulo Gebang, menunggu bis penjemputan yang berasal dari Prov,” lanjut dia.

Jateng, Prov. DI Yogyakarta dan Prov. Jatim. Lebih bijak opsi pada contra flow, sopir tak lama di perjalanan, penumpang tak menunggu lama di terminal penumpang.

Pemudik di jalan tol dinasihati ke jalan arteri seperti pantura dan kerjasama dengan pemda untuk menyiapkan sejumlah tempat rehat yang dekat gerbang tol. UMKM di sepanjang jalan arteri berkembang dan akan menerima profit.

Mendasari hasil survei yang sama, selama musim Lebaran Tahun 2024 diperkirakan perputaran uang mencapai hingga Rp 148,8 triliun.

Berdasarkan jumlah yang ikut serta mudik, rata-rata per orang membawa 3 orang artinya rata-rata 1 keluarga pergi 4 orang. Rata-rata satu keluarga 4 orang bepergian, berdasarkan perhitungan tarif yang dihabiskan, diketahui rata-rata per orang menghabiskan Rp. 768.386.

Anda mungkin juga suka...