Uncategorized

Berkenalan Dengan Branded Entertainment

Pernah dengar istilah branded entertainment atau branded content? Apa sih sebetulnya arti dari dua istilah tersebut? Hmmm, yang pasti kamu dijamin telah pernah menontonnya. Gak percaya? Yuk kita bahas!

Wikipedia mendefinisikan branded entertainment sebagai berikut:

“Branded Entertainment is an entertainment-based vehicle that is funded by and complementary to a brand’s marketing strategy.”
Branded entertainment yaitu konten hiburan yang didanai, ditunjang, dan diintergrasikan dengan strategi marketing brand.

Dengan kata lain, branded entertainment atau branded content yaitu konten yang diwujudkan oleh sebuah brand, dengan tujuan menghibur audience dan/atau customer mereka.

Apa sih tujuannya?
Sesuai namanya, tujuannya judi bola terpercaya yaitu menghibur penonton. Melainkan, apakah cuma “sekedar” menghibur saja? Oke, gimana bila kita bahas satu-satu.

Menghibur Penonton
Kebayang gak sih bila penonton terus-terusan “dijejali” berita lewat iklan? Wujud iklan yang monoton lama-lama dapat membikin penonton jenuh. Nah, gimana sekarang bila penonton diwujudkan gak sadar bila lagi nonton “iklan”.

Dengan membikin “iklan” dalam bentuk lain (web series, film pendek, dan lain-lain), penonton dapat memahami brand kamu, tanpa merasa terlalu “dijejali” terlalu banyak berita.

Contohlah film Lego Movie. Kita gak nyadar kan bila kita lagi nonton sebuah “iklan” berdurasi 90 menit? Yep, karena kita telah terbuai dengan hiburan yang dipersembahkan.

Memperkuat Brand Story
Tiap-tiap brand punya value. Ada yang garang (model: Harley Davidson), ada yang edgy (model: CloseUp), ada pula yang imajinatif (model: Lego). Pastinya masih banyak model lain.

Nah, sekarang gimana caranya memperlihatkan value-value tersebut? Salah satu caranya yaitu menggunakan cerita atau narasi.

Berbeda dengan iklan-iklan tradisional yang to the point, branded entertainment fokus pada value-value tersebut. Nah, cerita atau narasi ampuh, gak cuma buat menghibur penonton, tetapi juga “menanamkan” value dari sebuah brand.

Kita ambil lagi model Lego Movie. Di film itu, kita ngelihat karakter-karakter dalam bentuk Lego. Lucunya, karakter-karakter itu dapat kita temui di film lain, Batman semisal. Melainkan, Batman yang ditampilkan di situ terang beda dengan film Batman lainnya.

Betul, dari Lego Movie kita belajar, bahwa value mereka sebagai sebuah brand yaitu menyokong khayalan lewat mianan yang mereka jual: Lego.

Interaksi Dua Arah
Berbeda dengan marketing tradisional yang bersifat satu arah, branded entertainment membuka peluang untuk berinteraksi dengan penonton.

Aktivasi digital membuka kemungkinan ini. Interaksi dua arah dapat dijalankan dengan pelbagai cara, semisal dengan membikin berhadiah, kontes, dan lain-lain; sampai interaksi tanya jawab di kolom komentar yang tentu membikin brand anda semakin dikenal.

Wujud Wujud Branded Entertainment
Oke, sekarang mari membahas wujudnya. Di Indonesia sendiri, ada beberapa bentuk yang cukup awam, yaitu film pendek, web series, dan yang sedang popularitas belakangan ini: vertical film/series. Yuk kita bahas satu-satu!

Film Pendek
Semua orang menyukai menonton film. Jadi mengapa gak ngemas brand kamu dalam bentuk film juga? Oke, gak sepatutnya jadi film panjang kayak Lego Movie juga sih. Film pendek dapat jadi pilihan tepat.

Dengan bikin film pendek, penonton gak cuma dapat “kenalan” sama brand kamu, tetapi juga menikmati “nuansa” brand kamu secara lebih komprehensif.

Penasaran seperti apa? Nah, kami punya beberapa model branded short film yang pernah kami bikin:

Seperti Sediakala” film pendek produksi Studio Antelope untuk Samsung Indonesia
Web Series
Kamu menyukai drakor? Sama! Gak dapat diabaikan, popularitas drakor makin merebak dalam beberapa tahun belakangan. Kini kebayang gak, bila brand kamu juga dapat bikin “drakor”?

Web series yaitu salah satu bentuk branded entertainment yang benar-benar mungkin kamu buat. Durasinya gak perlu panjang-panjang kayak drakor beneran kok. Umumnya, 4 episode dengan masing-masing 8-15 menit telah cukup banget buat ngehook penonton.

Kami punya tambahan nih. Dengan bikin web series, kamu juga dapat menghasilkan dunia di mana penonton dapat menikmati “universe” brand kamu dan mengetahui proposisi brand kamu lebih dalam.

Seperti apa semisal? Yuk liat beberapa web series yang pernah Studio Antelope bikin:

Anda mungkin juga suka...