Beberapa Seni Tari Yang Ada Di Kalimantan Barat
Seni Tari

Beberapa Seni Tari Yang Ada Di Kalimantan Barat

Kalimantan Barat memiliki beragam seni tari yang kaya akan rajazeus budaya dan tradisi lokal. Beberapa seni tari yang terkenal di Kalimantan Barat antara lain:

  1. Tari Miring: Tari Miring merupakan tarian tradisional suku Dayak yang berasal dari Kalimantan Barat. Tarian ini menggambarkan kehidupan sehari-hari masyarakat Dayak, seperti berburu, bercocok tanam, dan ritual keagamaan.
  2. Tari Enggang: Tari Enggang adalah tarian khas suku Dayak yang menggambarkan gerakan burung Enggang (burung Enggang adalah burung bangkai yang dianggap suci oleh suku Dayak). Gerakan tarian ini menggambarkan keanggunan burung Enggang dalam mencari makan.
  3. Tari Mandau: Tari Mandau merupakan tarian perang suku Dayak yang menggambarkan keberanian dan kekuatan para pejuang Dayak dalam melindungi wilayahnya. Gerakan tarian ini sering kali menggunakan replika senjata tradisional Dayak yang disebut Mandau.
  4. Tari Baksa: Tari Baksa adalah tarian khas suku Melayu di Kalimantan Barat. Tarian ini biasanya ditarikan oleh seorang atau beberapa penari sugar rush wanita yang mengenakan pakaian tradisional Melayu. Gerakan tarian ini melambangkan kegembiraan dan kesenangan.
  5. Tari Piring: Meskipun lebih umum di Minangkabau, tarian ini juga ada di Kalimantan Barat, terutama di daerah-daerah yang memiliki pengaruh budaya Minang. Tarian ini melibatkan gerakan-gerakan lincah dengan memegang piring di tangan.
  6. Tari Sampin: Tarian ini merupakan tarian tradisional suku Dayak yang menggunakan kain atau kain panjang sebagai atributnya. Gerakan tarian ini melambangkan kehidupan sehari-hari dan keindahan alam Kalimantan Barat.
  7. Tari Jepen: Tari Jepen adalah tarian tradisional suku Melayu yang biasanya ditarikan pada acara-acara adat atau perayaan. Gerakan tarian ini menggambarkan kegembiraan dan kebersamaan dalam menjalani kehidupan.

Seni tari di Kalimantan Barat menggambarkan kekayaan budaya dan keberagaman etnis yang ada di wilayah tersebut. Setiap tarian memiliki makna dan nilai-nilai budaya yang dalam, mewakili warisan budaya yang harus dilestarikan dan dihargai.

Anda mungkin juga suka...